Laskar Pelangi


Category:Books
Genre:Nonfiction
Author:Andrea Hirata
Aku lebih suka menyebut buku ini sebagai a kind of biography. Karena buku ini menceritakan tentang masa kecil penulisnya sendiri dengan menggunakan sudut pandang orang pertama.
Sebuah buku yang menggambarkan ironi pulau Belitung yang sedemikian kaya dengan timah, tapi tidak bisa dinikmati oleh masyarakat asli Belitung sendiri yang tetep menjadi "pelayan di rumahnya sendiri". 

Kisah 10 anak, plus 1 anak gedong yang merasa lebih nyaman dengan teman-teman kucelnya daripada di lingkungan gedongnya sendiri. Penuh dengan ironi, kemirisan, tawa, dan semangat.


Kehidupan anak-anak Belitung Timur yang begitu semangatnya untuk sekolah, meskipun sekolah mereka sendiri lebih mirip gudang kopra yang hampir rubuh. Semangat yang membuat salah satu dari mereka, si cerdas Lintang, rela bersepeda 70 km tiap harinya dari pesisir, melewati rawa-rawa penuh buaya walopun akhirnya kemiskinan membuat dia keluar dari sekolah. Juga semangat para guru yang memperjuangkan sekolah dari ancaman ditutup jika murid tahun itu kurang dari 10 orang. Kegilaan si Mahar, sang maestro, yang membuat sekolah gudang kopra mereka tidak lagi hanya sekolah pinggiran.

Diceritakan dengan bahasa anak-anak yang tetap tertawa dan ceria dengan segala keterbatasan yang melingkupi mereka. Lengkap dengan kisah romantis cinta pertama si Ikal kecil, yang merantas perbedaan ras dan suku.

Jujur aku akui, ini bukan genre buku yang biasa aku baca. Pertama kali dengar "Laskar Pelangi" dari managerku waktu ngadep untuk performance evaluation tahunan, yang ternyata ngefans ma buku ini. Beberapa hari kemudian, untuk kedua kalinya, tanggapan positif juga, aku denger dari manager training di kantorku. Penasaran dong...nanya deh ma Mas Google, ternyata lumayan banyak juga review positif tentang buku ini. Akhir minggu berikutnya, nonton Kick Andy, eh...ternyata ngebahas "Laskar Pelangi" juga, lengkap dengan Andrea Hirata dan Bu Mus. "Must read ni kliatannya", dan akhirnya awal Februari buku ini sudah di tangan.

Buku ini juga yang membuat aku akhirnya mereply email ajakan untuk travelling ke Belitung akhir minggu lalu dari orang yang belum aku kenal. Yang akhirnya membuat aku terlibat travelling bersama 7 orang yang baru aku kenal 30 menit sebelum take off ke Pangkal Pinang. Ah..itu cerita yang berbeda.. ^_^
0 Responses

Thanks for leaving comment..